Pengertian Hoax, Viral, Bully, Hashtag, Netizen

Pengertian Hoax, Viral, Bully, Hashtag, Netizen
Pengertian Hoax, Viral, Bully, Hashtag - Istilah Internet & Media Sosial Bahasa Slang.

Kata-kata atau istilah Hoax, Viral, Bully, Hashtag, dan bahasa Slang lainnya sering kita baca dan dengar.

Pengertian Hoax, Viral, Bully, Hashtag

Berikut ini Pengertian Hoax, Viral, Bully, Hashtag

Pengertian Hoax -- Hoax artinya adalah berita atau informasi bohong, dusta, atau palsu. Hoax (Indonesia: Hoaks) sudah masuk dalam kamus bahasa Indonesia dengan arti "berita bohong".

Pengertian Viral -- Viral sudah masuk dalam KBBI. Viral artinya adalah (a) berkenaan dengan virus dan (b) bersifat menyebar luas dan cepat seperti virus.

Berita, gambar, atau video yang menjadi viral artinya disebarkan, dibagikan, dan banyak disukai oleh warga internet (warganet, netizen) dan/atau pengguna aktif internet khususnya pengguna media sosial.

Pengertian Bully -- Bully artinya adalah mengejek, mengolok-olok, atau menghina. Bahasa Indonesia bully adalah risak dan rundung.

Risak atau merisak artinya mengganggu atau mengusik. Rundung artinya (a) mengganggu; mengusik terus-menerus; menyusahkan; (b) menimpa (tentang kecelakaan, bencana, kesusahan, dan sebagainya); (c) menyakiti orang lain, baik secara fisik maupun psikis, dalam bentuk kekerasan verbal, sosial, atau fisik berulang kali dan dari waktu ke waktu, seperti memanggil nama seseorang dengan julukan yang tidak disukai, memukul, mendorong, menyebarkan rumor, mengancam, atau merongrong

Pengertian Hashtag -- Hashtag dalam bahasa Indonesia disebut tanda pagar (tagar), yakni tanda # yang diikuti kata/istilah, seperti #PersibDay.

Kata tagar sudah masuk dalam KBBI yang artinya "tanda pagar, digunakan sebagai tanda untuk merujuk pada topik sebuah kiriman status dalam media jejaring sosial".

Pengertian Netizen -- Netizen adalah singkatan dari internet citizen (warga internet). Dalam KBBI disebutkan, warga internet (warganet) adalah "warga internet; orang yang aktif menggunakan internet".

Demikian Pengertian Hoax, Viral, Bully, Hashtag, Netizen.*

0 Comments